Senin, 28 Maret 2011

Guru Efektif

Guru merupakan manusia yang patut digugu dan ditiru. digugu berarti segala ucapannya dapat dipercayai. ditiru berarti segala tingkah lakunya harus dapat menjadi contoh atau teladan bagi masyarakat. Guru merupakan profesi, jabatan, dan pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus. keahlian khusus ini diperoleh dari latar bidang kependidikan. namun kenyataannya masih terdapat guru yang bersal dari luar bidang kependidikan dengan mengambil akta IV selama 6 bulan.
Walaupun guru telah mengajar selama bertahun-tahun, namun para guru kerap menghadapi berbagai kendala dalam proses belajar mengajar. dengan adanya kendala atau hambatan maka tujuan pembelajaran tidak tercapai sehingga proses pembelajaran tidak efektif. ketidakefektifan ini disebabkan oleh guru yang tidak efektif.
Untuk menjadi guru efektif memerlukan sikap penuh perhatian, pantang menyerah, penjelasannya mudah dipahami, mengelola kelas dengan baik, meningkatkan seluruh kemampuan siswa ke arah yang lebih posistif, dan memiliki konsep diri positif.
guru yang memiliki konsep diri positif dapat menciptakan situasi belajar yang kondusif dan menyenangkan. faktor yang mendukungnya yaitu empati terhadap segala kebutuhan siswa, mengajar sesuai selera siswa, memberi penguatan, dan riang dalam proses pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar